Wednesday, June 11, 2014

Company Profile


Pabrik Tahu UD Kencana ini terletak di Dinoyo-Surabaya, yang saat ini merupakan bisnis keluarga turunan kedua. Pabrik tahu ini berasal dari Solo yang didirikan oleh Go Loe Tjiaw pada tahun 1959. Kemudian pada tahun 1961 membuka cabang di Surabaya. Alasan mengapa memilih membuka cabang di Surabaya adalah karena di Solo sudah banyak pesaing, sedangkan saat itu di Surabaya belum ada. Pabrik ini merupakan pabrik pertama dan tertua di Jawa Timur. Produksi tahu dilakukan setiap hari mulai pukul 09.30 sampai jam 15.00. Jumlah karyawan tak begitu banyak, kira - kira sekitar 10 orang. Mereka kebanyakan sudah lama bekerja di pabrik tahu ini. Setelah produksi selesai maka agen akan datang mengambil pesanan. Saat ini pemilik pabrik tahu generasi kedua sudah meninggal dunia. Sehingga direncanakan penerus pabrik ini adalah adik kandung dari almarhum itu sendiri. Saat awal pabrik buka di Surabaya, kedelai yang dibutuhkan jumlahnya sangat besar, hingga mencapai 50 ton. Namun karena sekarang banyak orang sudah mengetahui cara pembuatan tahu, banyak pesaing-pesaing kecil yang bermunculan.
Pelanggan pabrik tahu ini hanya orang-orang sekitar pabrik saja mengingat sudah banyaknya pabrik tahu yang ada di Surabaya. Keluarga hanya berperan sebagai owner, sedangkan karyawannya berasal dari orang-orang sekitar. Tidak ada sistem manajemen khusus di pabrik tersebut, mengingat mereka hanya memiliki kasir. Pabrik ini juga tidak memiliki staf accounting dan staf manajemen lainnya. Semua dikelola oleh anggota keluarga sendiri. Pabrik tahu ini juga kurang melakukan inovasi dan tetap meneruskan bisnis keluarga ini apa adanya. Menurut karyawan, Alm Pak Gondo tidak hanya berbisnis di tahu saja, namun juga cao dan marmer. Selain tahu, pabrik ini juga memproduksi cincau. Cincau diproduksi sesuai permintaan pelanggan, dan mengalami peningkatan penjualan yang pesat menjelang hari raya Idul Fitri.
Proses produksi di Pabrik Tahu ini masih menggunakan proses produksi yang sederhana ( tradisional ), dengan alat - alat dan tenaga kerja yang sederhana sehingga dapat menghasilkan tahu yang alami tanpa bahan pengawet. Alat untuk memasak tahu yang digunakan pun merupakan kompor yang tak biasa. Kompor yang didesain untuk proses produksi ini menggunakan kayu bakar dan uapnya yang akan digunakan dalam proses membuat tahu.
Kelebihan dari pabrik ini adalah tahu yang diproduksi tidak menggunakan bahan pengawet seperti beberapa perusahaan tahu lainnya, sehingga setiap hari tahu yang diproduksi sangat fresh. Tahu ini bisa bertahan antara 3-4 hari, lebih dari itu tahu akan basi dan masam. Pak Kasmiran, salah satu karyawan dari pabrik tahu ini, menyesalkan banyak sekali tahu di luar sana yang diberi pengawet hingga tahan 1 bulan, padahal pengawet memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan.
Selain itu, ada sistem pengelolaan limbah yang baik, sehingga tak mencemari lingkungan.



2 comments:

  1. Dalam era persaingan bisnis yang ketat, kegunaan company profile menjadi alat yang kuat dalam membangun reputasi dan memperluas kesempatan bisnis perusahaan.

    Isi company profile menjadi alat penting dalam membangun citra dan identitas perusahaan di mata publik. Dengan menyajikan informasi yang akurat, jelas, dan menarik, perusahaan dapat menarik perhatian calon pelanggan, mitra bisnis, serta masyarakat luas.

    Dalam contoh company profile yang kreatif, tata letak yang menarik dan inovatif memainkan peran penting. Transisi halus antara teks dan gambar, penggunaan warna yang cerdas, dan elemen visual yang unik dapat membangun pengalaman membaca yang menyenangkan dan mudah diingat.

    ReplyDelete